Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Proxy

proxy adalah suatu server yang menyediakan layanan untuk meneruskan setiap permintaan kita kepada server lain di internet . Dengan proxy , maka identitas komputer anda berupa IP menjadi tersembunyi dikarenakan yang dikenali server yang direquest adalah IP dari server proxy anda. Itulah pengertian tentang proxy,jadi sebenarnya proxy tak hanya untuk internet gratis saja tapi juga untuk keperluan lainnya. Aplikasi client dapat berupa browser web, client FTP, dan sebagainya. Sedangkan aplikasi server dapat berupa server web, server FTP dan sebagainya.
proxy adalah suatu server yang menyediakan layanan untuk meneruskan  setiap permintaan kit Fungsi Proxy 
Fungsi Proxy
  • menyembunyikan alamat ip kita
    inilah fungsi utama dari proxy yaitu menyembunyikan alamat ip kita. Dengan memakai proxy maka web server tujuan kita tak akan tahu alamat ip kita yang sebenarnya karena sudah di sembunyikan oleh proxy tersebut. Dengan proxy maka kita bisa mengubah alamat ip kita dari indonesia menjadi amerika serikat atau negara lainnya.
  • membuka situs yang diblokir
    ada kalanya saat kita memakai komputer kantor atau kampus maka kita tak bisa membuka situs social network seperti facebook. sebenarnya tujuan kantor atau kampus tersebut baik supaya kerja atau belajar kita tak pecah konsentrasinya akibat bermain facebook. Dengan proxy yang support https maka kita bisa buka facebook lewat komputer kampus atau kantor.
  • internet gratis
    ini dia yang sering dibahas di blog sarilah. salah satu fungsi dari proxy adalah untuk internet gratis. Kalo hal ini kurasa semua sudah pada tahu,kita memakai proxy buat jalur akses hp dan memakai aplikasi handler (opera mini,uc web dll) supaya bisa gratis internetnya. Memang ada sih trik internet gratis yang hanya memakai proxy saja tapi kebanyakan harus memakai aplikasi handler supaya mudah digunakan.
  • mempercepat koneksi internet
    seperti yang kita tahu bahwa koneksi internet di indonesia agak lambat. Hal ini karena kebanyakan pengguna hp memakai proxy yang sama dari operator. Biarpun kecepatan proxy operator mencapai ratusan mbps tapi dengan dipakai oleh ratusan ribu pengguna maka akan lambat juga. Solusinya ya memakai proxy terutama premium proxy yang banyak aku share. selain itu bisa juga memakai proxy opera mini jika memakai browser opera mini.

Keuntungan Proxy Server

Keuntungan proxy server dalam suatu jaringan TCP/IP adalah:
  1. Keamanan jaringan lebih terjaga, karena adanya proxy sebagai pembatas antara jaringan lokal dan jaringan luar (internet)
  2. Pengaksesan kembali terhadap situs-situs yang telah diakses sebelumnya menjadi lebih cepat, karena pengaksesan tidak perlu ke jaringan luar (internet) melainkan ada pada direktori cache proxy.
  3. Terdapat fasilitas filtering, baik filtering pengguna, content dan waktu akses.

Kekurangan Proxy Server

Kekurangan proxy server dalam suatu jaringan TCP/IP adalah:
  1. Pengaksesan terhadap situs yang belum pernah dibuka sebelumnya akan menjadi lebih lambat, karena client harus meminta terlebih dahulu ke pada proxy, setelah itu baru proxy yang akan meminta request dari client tersebut ke pada penyedia layanan internet.
  2. Bila proxy server terlambat melakukan update cache, maka client akan mendapatkan content yang belum update ketika melakukan request content tersebut.

Posting Komentar untuk "Fungsi Proxy"