Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

XML (Extensible Markup Language)

XML (Extensible Markup Language) adalah bahasa markup yang mempunyai himpunan aturan untuk pengkodean dokumen dalam format yang dimengerti oleh manusia dan mesin

XML didesain untuk mempu menyimpan data secara ringkas dan mudah diatur. Kata kunci utama XML adalah data (jamak dari datum) yang jika diolah bisa memberikan informasi.

XML menyediakan suatu cara terstandarisasi namun bisa dimodifikasi untuk menggambarkan isi dari dokumen. Dengan sendirinya, XML dapat digunakan untuk menggambarkan sembarang view database, tetapi dengan suatu cara yang standar.
 
Tujuan perancangan dari XML menekankan pada kesederhanaan, keumuman, dan kegunaan melalui Internet. XML adalah format data tekstual dengan dukungan yang kuat melalui Unicode untuk bahasa-bahasa di seluruh dunia. Meskipun desain dari XML memfokuskan pada dokumen, yang digunakan secara luas untuk representasi struktur data yang bebas, sebagai contoh pada web services.
Banyak application programming interfaces (APIs) telah dikembangkan untuk memproses data XML, dan ada beberapa sistem skema untuk membantu dalam proses mendefinisikan dari bahasa berbasis XML.
Pada tahun 2009, ratusan bahasa berbasis XML telah dikembangkan, termasuk RSS, Atom, SOAP, dan XHTML. Format berbasis XML telah menjadi standar bagi banyak kakas office-productivity, termasuk Microsoft Office (Office Open XML), OpenOffice.org dan LibreOffice (OpenDocument), dan iWork dari Apple. XML juga diperlakukan sebagai bahasa baku untuk protokol komunikasi, seperti XMPP (eXtensible Messaging and Presence Protocol).
 
Tipe-tipe XML
  1. XML, merupakan standar format dari struktur berkas (file).
  2. XSL, merupakan standar untuk memodifikasi data yang diimpor atau diekspor.
  3. XSD, merupakan standar yang mendefinisikan struktur database dalam XML

Keunggulan XML bisa diringkas sebagai berikut :
  • Pintar (Intelligence). XML dapat menangani berbagai tingkat (level) kompleksitas.
  • Dapat beradaptasi. Dapat mengadaptasi untuk membuat bahasa sendiri. Seperti Microsoft membuat bahasa MSXML atau Macromedia mengembangkan MXML.
  • Mudah pemeliharaannya.
  • Sederhana. XML lebih sederhana.
  • Mudah dipindah-pindahkan (Portability). XML mempunyai kemudahan perpindahan (portabilitas) yang lebih bagus.

Contoh dokumen XML sederhana

 version="1.0" encoding="UTF-8"?>     nama="roti" waktu_persiapan="5 menit" waktu_masak="3 jam">    >Roti tawar>     jumlah="3" satuan="cangkir">tepung>     jumlah="0,25" satuan="ons">ragi>     jumlah="1,5" satuan="cangkir">air hangat>     jumlah="1" satuan="sendok teh">garam>    >     >Campur semua bahan dan uleni adonan sampai merata.>     >Tutup dengan kain lembap dan biarkan selama satu jam di ruangan yang hangat.>     >Ulangi lagi, letakkan di loyang dan panggang di oven.>     >Keluarkan, hidangkan>    > >
 
Terminologi Kunci
Materi pada bagian ini berdasarkan pada spesifikasi XML. Tidak semua dituliskan, hanya terminologi yang sering dipakai saja.
(Unicode) Character
Definisi sebuah dokumen XML adalah kumpulan dari karakter. Hampir semua karakter Unicode yang legal bisa tampil di dokumen XML.
Prosesor dan Aplikasi
Prosesor menganalisa markup, kemudian melempar informasi yang terstruktur ke sebuah aplikasi. Spesifikasi XML mempunyai kebutuhan yang menentukan apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan oleh sebuah prosesor XML, tetapi tidak untuk aplikasinya. Prosesor XML juga sering disebut XML parser.
Markup dan Konten
Karakter yang membangun dokumen XML dibagi menjadi markup dan konten.
Markup dan konten dapat dikenali oleh aplikasi dengan aturan sintaksis yang sederhana. Semua string yang merupakan sebuah markup dapat diawali dengan karakter < dan diakhiri dengan > atau diawali dengan karakter & dan diakhiri dengan ;. String yang bukan merupakan markup adalah konten.
Tag
Tag adalah sebuah markup yang diawali dengan < dan diakhiri dengan >. 
Ada tiga jenis tag:



  • start-tags; contohnya:
  • end-tags; contohnya:
  • empty-element tags; contohnya:
  • Elemen
    Elemen adalah sebuah komponen dokumen logikal yang diawali oleh sebuah start-tag dan diakhiri oleh end-tag yang sepadan dengan start-tag nya atau berisi hanya sebuah empty-element tag. Karakter-karakter diantara start-tag dan end-tag, jika ada, adalah konten dari elemen, dapat mempunyai markup, elemen-elemen lain, yang disebut child elements. Contoh dari elemen adalah Hello, world.. Yang lainnya .
     
    Atribut
    Sebuah rangkaian markup yang terdiri dari pasangan nama/nilai yang ada dalam start-tag atau empty-element tag. Pada contoh berikut ini, elemen img mempunyai dua atribut, src dan alt: Foligno Madonna, by Raphael. Contoh lain Connect A to B. dimana nama atributnya adalah "number" dan nilainya "3".
    Deklarasi XML
    Dokumen XML dapat diawali dengan mendeklarasikan beberapa informasi mengenai dirinya, sebagai contoh:
     
    RSS
    RSS, awalnya RDF Site Summary (versi 1.0), sering disebut Really Simple Syndication (versi 2.0), adalah sebuah rumpun format web feed yang digunakan untuk mempublikasikan pekerjaan yang memerlukan update secara reguler—seperti blog, berita, audio, dan video—dalam sebuah format yang telah dibakukan. Sebuah dokumen RSS (yang disebut sebuah "feed", "web feed", atau "channel") meliputi sebuah rangkuman teks ataupun teks penuh, ditambah metadata seperti tanggal terbit dan pembuat/penulis.
    RSS menguntungkan para penerbit untuk menggabungkan konten secara otomatis. Sebuah format file XML memungkinkan informasi diterbitkan satu kali dan dilihat melalui banyak sekali aplikasi yang berbeda. Hal ini juga menguntungkan para pembaca yang ingin berlangganan update secara berkala dari banyak website favorit mereka ke dalam satu tempat.
    RSS feed dapat dibaca menggunakan perangkat lunak yang disebut "RSS reader", "feed reader", atau "aggregator", dengan platform web-based, desktop-based, atau mobile-device-based. Pengguna perangkat lunak tersebut dapat berlangganan feed dengan memasuki URI feed-nya, atau dengan mengklik sebuah ikon feed pada web browser yang menginisiasi proses berlangganan. Perangkat lunak pembaca RSS memeriksa feed-feed yang dilanggan oleh pengguna secara reguler untuk entry baru, mengunduh update tersebut, dan menyediakan tampilan antarmuka untuk memonitor dan membaca feed-feed tersebut. RSS memungkinkan para pengguna untuk menghindari memeriksa semua website favorit mereka secara manual, sebagai gantinya, mereka berlangganan ke website tersebut melalui RSS reader.

    Contoh RSS:




    RSS Title
    This is an example of an RSS feed
    http://www.someexamplerssdomain.com/main.html
    Mon, 06 Sep 2010 00:01:00 +0000

    Mon, 06 Sep 2009 16:45:00 +0000
    1800

    Example entry
    Here is some text containing an interesting description.
    http://www.wikipedia.org/
    unique string per item
    Mon, 06 Sep 2009 16:45:00 +0000


    Posting Komentar untuk "XML (Extensible Markup Language)"