Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Firewall

Pengertian firewall

  Firewall adalah sebuah aplikasi pada sistem atau perangkat yang mengizinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang tidak aman dan mempunyai fungsi untuk melindungi integritas data atau sistem jaringan dari serangan pihak yang tidak bertanggung jawab. Umumnya, sebuah firewall diiplementasikan dalam sebuah mesin terdedikasi, yang berjalan pada pintu gerbang (gateway) antara jaringan lokal dan jaringan lainnya.
Firewall umumnya juga digunakan untuk mengontrol akses terhadap siapa saja yang memiliki akses terhadap jaringan pribadi dari pihak luar. Saat ini, istilah firewall menjadi istilah generik yang merujuk pada sistem yang mengatur komunikasi antar dua jaringan yang berbeda. 

Fungsi Firewall

Dari pembahasan di atas dapat diambil sebuah kesimpulan, bahwa Firewall mempunyai beberapa fungsi utama, yaitu:
  1. modifikasi header paket (untuk memodifikasi kualitas layanan bit paket TCP sebelum mengalami proses routing)
  2. Translasi pada alamat jaringan (yang dapat terjadi translasi satu ke satu pada translasi yaitu satu alamat ip private yang dipetakan pada kesatu alamat ip publik atau translasi banyak
  3. Filter paket untuk memilih dan menentukan paket yang dapat diteruskan atau tidak
  4. Mencatat setiap aktivitas dan melaporkannya kepada administrator jaringan melalui catatan log

Jenis Jenis Firewall

Firewall terbagi kepada beberapa jenis yang dikategorikan berdasarkan kemampuan dan cara kerjanya. Setidaknya terdapat 7 jenis Firewall yang biasa digunakan. Ketujuh jenis ini mempunyai peruntukkan yang berbeda-beda tergantung pada kebutuhan sebuah jaringan komputer. Jenis jenis Firewall tersebut adalah:
  1. Paket Filter Firewall
  2. Circuit Level Gateway
  3. Application Level Firewall
  4. NAT Firewall
  5. Stateful Firewall
  6. Virtual Firewall
  7. Transparent Firewall

Posting Komentar untuk "Firewall"