Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TIPS MEMBELI RAM UNTUK KOMPUTER (PC)


Oke, berjumpa lagi. setelah sekian lama tidak pernah "menyentuh" blog ini karena kesibukan saya di dunia nyata, akhirnya saya membulatkan tekad saya untuk mencoba mendalami blog lebih dalam. Maka, postingan saya kedepan akan saya isi dengan pengalaman yang saya alami setiap harinya.

Kali ini kita akan berbicara mengenai alat kecil yang mempunyai peranan penting dalam komputer, yaitu RAM. Berawal dari komputer saya yang tiba-tiba tidak mau booting,
hanya terdengar suara kipas, suara "beep" pun tidak muncul, sehingga saya sempat bingung apa yang rusak. tapi setelah saya cek, ternyata ram nya bermasalah, karena memory saya 2GB(2x1GB), maka salah satu RAM nya saya lepas, dan ternyata komputer bisa kembali hidup. alhasil saya harus membeli RAM lagi agar performanya bisa kembali seperti sedia kala.

Dan karena saya kebetulan lagi ada rejeki, maka saya langsung ingin membeli, tapi setelah mikir agak lama, saya kebingungan, ini beli RAM nya dimana? beli RAM yang kayak apa? Kualitas yang bagus yang kayak gimana? karena dalam benak saya, takut kalau sampai salah beli,karena duitnya ngepas hehe. jadi saya coba untuk browsing di google. oke langsung ke inti post kali ini. berikut tips untuk membeli RAM dari saya :
Hal yang perlu diingat, disini saya membahas RAM untuk PC ya bukan untuk laptop, walaupun gak beda jauh, tapi tetep BERBEDA!

1. Pastikan Jenis RAM yang digunakan pada komputer kita, bisa pake banyak aplikasi. tapi disini saya pakai CPUZ, karena ukurannya kecil dan simple. berikut contoh penampakan aplikasinya :


Oke, setelah kalian download aplikasi nya, (cari di google aja banyak), kalian buka Tab Memory dan SPD


 

Pada gambar pertama, dapat kita lihat jenis RAM yang saya gunakan adalah DDR2, berarti disini saya harus membeli RAM dengan jenis DDR2.

Pada gambar kedua, kotak warna merah adalah Letak RAM di komputer kita, kotak coklat disebelahnya adalah Jenis RAM yang digunakan, dan kotak hijau adalah Tipe RAM yang digunakan. berarti disini saya harus membeli RAM dengan Jenis DDR2 bertipe PC2-6400.

2. Tentukan akan membeli RAM yang sama , atau ingin menambah kapasitasnya.
Pasalnya, jika hanya membeli RAM yang sama itu hal yang mudah, karena tinggal bilang sama tokonya saja, tapi jika ingin menambah, nah ini yang perlu diperhitungkan baik. Untuk menambah RAM, tidaklah sembarang kita membeli RAM yang berkapasitas besar, tapi begitu dipakai ternyata sama saja. sebagai contoh kasus saya, karena RAM saya awalnya 2GB atau 2 x 1 GB (2 keping), maka jika ingin menambah RAM menjadi 4GB, saya harus memilih 4x1GB atau 2x2GB. kenapa tidak 1GB+2GB saja? tentu tidak, karena jika berbeda kapasitas, kinerjanya justru menurun. so, saya sarankan untuk membeli yang 4x1GB atau 2x2GB.

3. Pilih Tempat untuk membeli yang dijamin kualitasnya, jika membeli di orang, maka pastikan asal usul RAM tersebut (kapan dibeli, digunakan untuk apa saja).

4.Pastikan Jenis dan tipe RAM yang dibeli sama dengan yang kita punya ataupun membeli semua, misal DDR2 PC2-6400 , maka beli yang DDR2 PC2-6400 juga, jangan malah beli yang diatas itu, karena komputer akan menggunakan performa sesuai dengan tipe ram yang paling rendah.

5. Jangan Asal pasang, kalau belum berpengalaman.
Jangan asal pasang, kalo pasang RAM nya kebalik bisa saja RAM nya terbakar, maka dari itu lihatlah tutorial di youtube ataupun tanya kepada ahlinya (tapi saya sendiri mencoba langsung tanpa tahu apa-apa hehe),

sekian dulu tips dari saya, semoga membantu :)
.

Posting Komentar untuk "TIPS MEMBELI RAM UNTUK KOMPUTER (PC)"