Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tipe Data Pada Pemrograman Berorientasi Objek

Pokok bahasan materi ini yakni penggunaan tipe data pada java creator.

1. Tіре dаtа раdа рrоgrаm jаvа

Sebelum mengenal tipe data dalam java, kita identifikasi apalagi dulu hal-hal berikut ini .

а. kаrаktеr, Merupakan bagian terkecil dalam bahasa java berupa huruf a sampai z (baik kapital atau karakter kecil), angka 0 - 9, simbol atau tanda baca(*-!) serta kode kontrol dalam bahasa pemrograman

b. kаtа kunсі (kеуwоrd). keyword yaitu kata kata baku dalam pemrograman java. terdapat 51 buah kunci yang sering digunakan, misalnya abstract, break, byte, case, class, do, else, tamat, float, for, dan lain-lain.

с. реngеnаlаn (іdеntіfіеr). pengenal merupakan jenis data yang dideklarasikan pengguna selaku pengenal dari deklarasi nama kelas atau nama variabel dalam bahasa pemrograman. terdapat ketentuan untuk penamaan pengenal, yakni :

* pengenal diawali denga huruf, umpamanya nama1, bukan 1nama. kita juga dapat memakai _(underscore), misalnya nama_1, atau dengan dolar ($).

*Karakter berikutnya mampu berbentukangka atau karakter yang lainnya,

* pengenal sungguh sensitif sehingga penulisan huruf kapital dan karakter kecil besar lengan berkuasa, pendeklarasian nаmа dengan Nаmа bermakna berlainan.

adapun tipe - tipe data pada java yakni sebagai berikut :
1. tіре dаtа рrіmіtіf tеrdіrі dаrі .
tipe data bilangan bulat, terdapat 4 tipe data bilangan lingkaran, yakni byte, short, integer, dan long. byte terdiri dari 8bit, short terdiri dari 16bit, integer terdiri dari 32bit, dan long berisikan 64bit.
tipe data bilangan real, merupakan tipe data yang memiliki titik desimal yakni tipe data float dan double. float berukuran 32bit, dan double berskala 64bit.
tipe data karakter (char), merupakan tipe data yang mewakili karakter apapun
tipe data boolean, merupakan tipe data yang dipakai untuk menyatakan akal benar atau salah (true atau false).

2. kоnѕtаntа раdа jаvа
     konstanta merupakan pendeklarasian nilai data yang mempunyai nilai tetap, misalnya nilai phi (3,14) untuk menjumlah luas atau keliling lingkaran.

3. vаrіаbеl раdа jаvа
   variabel merupakan lokasi untuk menampung nilai sementara pada pemrograman. Pengguna pendeklarasian sebuah lokasi memori dalam bahasa pemrograman untuk menyimpan nilai yang dapat diubah sesuai kebutuhan.

4. ѕtаtеmеn аtаu Pеrnуаtааn
    statement (pernyataan) yaitu kode dalam bahasa pemrograman java berupa kode kode yang mampu dimengerti oleh mesin

Posting Komentar untuk "Tipe Data Pada Pemrograman Berorientasi Objek"