Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat HELLO WORLD pada BAHASA JAVA menggunakan NETBEANS #2

"HELLO WORLD"

 

Mungkin bagi orang awam, "Hello World" adalah sebuah aplikasi tersendiri. tapi sebenarnya itu hanyalah sebuah string yang bisa diganti dengan kata apapun sesuka anda. nah, kali ini saya akan share bagaimana sih cara membuat "Hellow World" tersebut dalam bahasa Java, atau istilah keren nya, kita akan mencoba Coding. Pada tutorial ini saya menggunakan aplikasi Netbeans, untuk cara download dan installnya bisa buka link ini Cara Download Netbeans .

oke, dengan asumsi kalian sudah punya Netbeans, langsung buka saja aplikasinya. berikut saya rangkai tutorialnya :
1. Buka aplikasi Netbeans.

Tampilan Awal Netbeans

2. Klik Pada bagian pojok kiri atas, gambar kotak file dengan tanda "+" atau bisa klik file>new project.



3. Setelah itu maka akan terbuka window seperti dibawah ini.

Pilih "Java Apllication" kemudian klik "Next>"
4. 




Nah, pada bagian ini kalian bisa memberi nama project kalian pada bagian "Project Name", kalo disini saya memberi nama HelloWorld. dan pada bagian bawah, ada checkbox yang dicentang yang bertuliskan "Create Main Class", untuk permulaan, kalian centang saja ya. lalu klik "FINISH".

5.


Maka akan muncul tampilan seperti ini, nah disini yang mulai menarik karena kita akan mulai menulis kodingan kita .. langsung saja, untuk menuliskan Hello World, perhatikan pada statement berikut :

 

Nah, ini yang disebut main class atau kelas utama dari program ini, kalian bisa menuliskan kode kalian didalam bagian main class ini. tuliskan seperti ini "System.out.println("HELLO WORLD");"
kemudian tekan shift+F6 dan lihat hasilnya.

SELAMAT MENCOBA :)

Posting Komentar untuk "Membuat HELLO WORLD pada BAHASA JAVA menggunakan NETBEANS #2"