Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Install Geany dan Mengatasi Error Process failed (The System cannot find the specified file) pada Geany #5




Artikel kali ini berisi tentang bagaimana cara menginstall Geany dan bagaimana cara mengatasi jika terdapat error pada Geany. seperti yang kita ketahui, Geany adalah text edior yang menggunakan GTK+ toolkit yang didesain secara ringan namun cepat sebagai salah satu IDE didalam dunia programming. Disamping ringan dan cepat, Geany sangat diminati banyak programmer pemula, terutama anak kuliahan tingkat awal karena mempunyai fitur yang friendly atau bisa dibilang mudah digunakan, selain itu Geany juga medukung banyak sekali tipe file dalam pemrograman.

Nah, kali ini admin akan memberikan tutorial bagaimana cara install dan juga bagaimana cara mengatasi error yang biasanya terjadi pada Geany. Simak Caranya dibawah ini :

1. Download terlebih dulu Geany nya di Geany.org atau bisa juga menggunakan re-upload punya admin disini (Password bisa dilihat pada bagian paling bawah)
2. Setelah didownload, klik Geany.setup.exe nya.
3. Klik next terus, hingga proses install selesai.
4. Selamat, anda telah berhasil meng-install Geany pada laptop/komputer anda.


Oiya, Geany ini biasanya digunakan untuk membuat program dengan bahasa c++. Kalau ada pertanyaan atau bingung cara installnya, bisa komen langsung atau ke facebook admin.

Oke, yang selanjutnya, setelah menginstall , terus kalian sudah selesai melakukan coding dan waktu program akan di compile ternyata tidak bisa? coba perhatikan tulisan seperti dibawah ini :

Sumber : Google

Perhatikan bagian yang dilingkari, ada tulisan "Process failed (The System cannot find the specified file)" atau dalam bahasa indonesia artinya "Proses gagal (system tidak bisa menemukan file yang diminta)". Hal ini terjadi karena aplikasi Geany tidak bisa menemukan dimana compilernya berada (admin juga tidak tahu kenapa ini bisa terjadi, seharusya pihak geany sudah menyediakan cara untuk mengatasinya). jadi bagaimana mengatasinya? ya sangat mudah, kita beri tahu dimana compilernya berada!. Compilernya disini harus diinstal secara terpisah, dan namanya adalah MINGW. Untuk peng-install-anya Lakukan langkah Berikut :

1. Petama download compilernya dulu disini (Password bisa dilihat pada bagian paling bawah)
2. Kemudian Ekstrak menggunakan Winrar atau 7zip.
3. Kemudian buka mingw-6.6.exe.
4.Tunggu proses extract selesai, kemudian Klik Instal, tapi perlu diperhatikan, jangan mengubah lokasi pengisntallannya, biarkan saja di ":C\".
5. jika sudah diinstal, maka sekarang saatnya memberi tahu sistemnya dimana letak kompiler nya berada, pertama-tama buka my computer .

My Computer
Kemudian Klik kanan dimana saja, atau klik kanan My computer > klik properties.

6. Kemudian Pilih "Advanced System Settings" atau yang admin lingkari dibawah ini :

My Computer Information

7. Kemudian pada tab Advanced klik menu Environment Variables di bagian bawah atau seperti yang admin lingkari dibawah ini :

System Properties
8. Pada Bagian Bawah, klik New



9. Kemudian Pada "Variable name" tulis "PATH" , dan pada bagian "variable value" tulis "C:\MinGW\bin" kemudian klik "OK" pada semua tab.


10. Silahkan coba kembali untuk mengkompile programnya, dan pasti berhasil. 

Itulah tadi bagaimana cara install Geany dan Bagaimana cara mengatasi Error "Process failed (The System cannot find the specified file)" Pada Geany.

Password rar : onlyvista.blogspot.com



Posting Komentar untuk "Cara Install Geany dan Mengatasi Error Process failed (The System cannot find the specified file) pada Geany #5"