Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Program IF, IF-ELSE, IF bertingkat, dan SWITCH dalam C++ #7

Contoh Program IF, IF-ELSE, IF bertingkat , dan SWITCH (Statement Pengendalian) dalam C++

sumber gambar : ifelsethencode.com

Kembali lagi dalam tutorial C++ untuk pemula, kali ini onlyvista.blogstpot.com akan share contoh program dari statement pengendalian yang kemarin sudah di bahas di post sebelumnya, untuk yang ingin membaca silahkan baca di Pengertian Statement Pengendalian Pada C++ . Karena sebelumnya hanya dijelaskan teori dan contoh kasusnya, maka sekarang akan admin bagikan contoh programnya.

Contoh Program Statement Pengendalian (Control Statement)

seperti yang telah dijelaskan kemarin, ada empat bentuk dasar dari Statement Pengendalian, bisa dilihat sebagai berikut :

1. Contoh Program Perintah IF Pada C++

Sebagai contoh, kita ambil kasus yang kemarin kita bahas , yaitu bagaimana caranya agar suatu program dapat mengidentifikasi angka , dimana jika angka itu genap maka program akan meng-output-kan "Angka genap ".Berikut Listing Programnya

 #include  using namespace std;   int main() {     int angka1;     cout <<"Masukkan angka = ";cin >> angka1;     if(angka1%2 ==0)     {cout<


Berikut Penampakan Programnya:

Output program IF

Penjelasan :
Cara kerja dari program tersebut, adalah JIKA setiap angka yang dimasukkan dibagi 2 dan mempunyai sisa pembagian 0, maka angka tersebut adalah angka genap. dan setelah itu program akan meng-output-kan "Selesai", alur ini berjalan ketika kondisi dalam perintah IF bernilai Benar (Gambar kiri). Namun jika kondisi bernilai salah atau sisa pembagian tidak bernilai 0, maka program akan langsung meng-output-kan "Selesai" (Gambar yang kanan). tanda "%" pada program, adalah tanda untuk operator "mod" atau operator untuk mencari sisa hasil pembagian.


2. Contoh Program Perintah IF-ELSE Pada C++

Masih melanjutkan kasus sebelumnya, karena sebelumnya hanya untuk mengidentifikasi angka genap saja, maka kali ini kita tambahkan untuk mencari angka ganjil juga. Berikut Listing programnya :

 #include  using namespace std;  int main() {     int angka1;     cout <<"Masukkan angka = ";cin >> angka1;     if(angka1%2 ==0)     {cout<

Berikut Penampakan Programnya :

Output Program IF-ELSE

Penjelasan :
Dengan menggunakan program sebelumnya, kita tinggal menambahkan perintah "else" dibawahnya, kemudian menambahkan setiap angka yang bukan genap, maka dia adalah angka ganjil. sangat mudah bukan?

3. Contoh Program Perintah IF Bertingkat Pada C++

Untuk Perintah IF bertingkat, masih menggunakan kasus diatas, namun kita tambahkan logika untuk mengidentifikasi apakah angka tersebut positif atau negatif. Berikut Listing Programnya :

 #include  using namespace std;  int main() {     int angka1;     cout <<"Masukkan angka = ";cin >> angka1;     if(angka1<0)      {      if(angka1%2 ==0)      {cout<      }     else      {      if(angka1%2 ==0)      {cout<     }     cout <<"\nSelesai\n"; }


Berikut Penampakan Programnya :

Output Program IF bertingkat

Penjelasan :
Pada program di atas, untuk mengidentifikasi angka itu positif atau negatif, cukup mudah yaitu kita tambahkan perinta IF dengan kondisi jika angka kurang dari 0 maka angka itu pasti negatif, dan selain itu pasti angka positif. Maka untuk menggabungkan antara identifikasi positif/negatif dengan identifikasi genap/ganjil, Kita tambahkan if bertingkat, Pada Listing di atas, kode yang berwana hijau adalah perintah IF untuk mengidentifikasi positif atau negatif, sedangkan yang berwarna kuning dan coklat adalah perintah IF untuk mengidentifikasi genap atau ganjil.

Kondisi pertama :
Saat angka diinputkan, angka akan dicek di perintah IF yang pertama "if(angka1<0)", jika kondisi benar atau nilai kurang dari 0, maka program akan masuk ke bagian perintah IF berwana kuning dan dengan ini kita sudah mendapati bahwa angka tersebut adalah negatif, kemudian angka yang dimasukkan akan dicek kembali untuk menentukan apakah angka tersebut genap atau ganjil, kita memakai listing pada program Perintah IF-ELSE yang sebelumnya, namun kita tambahkan  output tambahan yaitu "angka negatif". perhatikan pada gambar bagian kiri di atas.

Kondisi kedua :
Saat angka diinputkan, angka akan dicek di perintah IF yang pertama "if(angka1<0)", jika kondisi salah atau nilai lebih dari 0, maka program akan masuk ke bagian perintah IF berwana Coklat dan dengan ini kita sudah mendapati bahwa angka tersebut adalah positif, kemudian angka yang dimasukkan akan dicek kembali untuk menentukan apakah angka tersebut genap atau ganjil, kita memakai listing pada program Perintah IF-ELSE yang sebelumnya, namun kita tambahkan  output tambahan yaitu "angka positif". perhatikan pada gambar bagian kanan di atas.

Baca Juga : Cara Install Geany

4. Contoh Program Perintah SWITCH pada C++

Untuk Contoh Program SWITCH, kita manfaatkan untuk membuat sebuah menu pada program yang sudah kita buat tadi, Berikut Listingnya :

 #include  using namespace std;  int main() {     int angka1;     int pilih;          cout <<"====Selamat Datang Di bahasaprogr.blogspot.com====\n";     cout <<"\t    1.Identifikasi Angka\n";     cout <<"\t    2.Salam Hangat\n";     cout <<"\t    3.Keluar\n";     cout <<"\tMasukkan Pilihan Anda : "; cin >> pilih;          switch(pilih)     {case 1:        cout <<"Masukkan angka = ";cin >> angka1;        if(angka1<0)         {          if(angka1%2 ==0)          {cout<break;               case 2:      cout <<"\nSering-Sering ya, Mampir Ke onlyvista.blogspot.com\n";      cout <<"Banyak Tutorial tentang Programming yang bisa kalian Dapatkan!\n";      break;           case 3:      break;              }     cout <<"\nSelesai\n"; } 


Berikut Penampakan Programnya :

Output Program Switch


Penjelasan :
Pada Dasarnya, Perintah Switch hanya dieksekusi saat kita men-trigger-nya saja, pada program di atas, admin membuat 3 menu, menu pertama berisi kodingan identifikasi angka, menu kedua berisi tulisan hangat dari admin, menu ke 3 adalah keluar. Perlu diingat ini hanya program yang sekali pakai atau jika dijalankan maka dia akan langsung selesai dan tidak mengulang lagi dari awal, untuk bahasan itu akan admin bahas di postingan selanjutnya.
Pada Listing di atas, bagian yang ditandai dengan warna hijau adalah bentuk dari Switch itu sendiri, pada awal program kita diharuskan memilih menu dengan memasukkan angka, setelah angka diinput, maka switch akan mengecek apakah angka tersebut terdapat dalam case yang telah dibuat, kita bisa membuat case hingga 255, namun admin disini hanya membuat 3, program yang kita buat tadi dimasukkan pada case 1 , namun perlu diperhatikan saat memasukkan kodingan, harus selalu berada setelah statement "case 1" dan sebelum "break".


Itulah Contoh Program Sederhana untuk Statement Pengendalian pada C++, jika terdapat kesalahan mohon dikoreksi, namun jika bermanfaat tolong dishare ke teman-teman kalian. Terimakasih telah membaca dan berkunjung.




Posting Komentar untuk "Contoh Program IF, IF-ELSE, IF bertingkat, dan SWITCH dalam C++ #7"