Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat HELLO WORLD pada BAHASA C++ menggunakan GEANY #1

"Hello World Di C++"



Hal yang paling sering diajarkan untuk programmer pemula, entah di kampus, di smk atau dimanapun, pasti tak luput dari bagaimana cara untuk membuat kata "Hello World" di program yang akan dibuat nanti, Sebenernya ini sih gak pakai tutorial juga udah pada bisa, tapi siapa tahu ada yang membutuhkan, so langsung saja ke proses eksekusinya.
IDE yang saya gunakan untuk membuat program C++ adalah "Geany", jika kalian belum tahu cara installnya, silahkan buka "Cara Install Geany". sebenarnya, banyak sekali aplikasia atau IDE yang bisa kita gunakan sebagai alat untuk membuat program c++ ini, tapi karena saya dari awal memakainya Geany, ya jadi terbiasanya pakai ini terus, padahal program seperti CodeBlock, Dev c++, Netbeans pun mempunyai fitur yang jauh lebih bagus daripada Geany ini, tapi karena sudah terbiasa ya mau gimana lagi.

Langkah yang dilakukan pertama adalah, buka aplikasi Geany anda, maka akan muncul tampilan seperti ini
Tampilan Awal Geany
Biasakan setelah membuka Geany, dan kalian ingin membuat program, langkah awal yang dilakukan adalah menge-SAVE program kalian , agar nantinya bisa di compile dan di run. Klik bagian File, kemudian klik "Save As", kemudian pilih tempat kalian ingin menyimpannya, Untuk penamaan, selalu tambahkan ".cpp" (huruf kecil) dibagian belakang nya, misal "Tes.cpp", kemudian klik Save.
Simpan Program


Selanjutnya, lakukan proses pengkodingan , tuliskan seperti dibawah ini :
 1. #include  2. using namespace std; 3.  4. int main() 5. { 6.     cout << "Hello World\n"; 7. }

Kemudian Klik "Compile" (F8), kemudian Build (F9)" , Lalu "Execute" atau "Run" (F5). jika sukses, maka outputnya akan seperti ini :

Outputnya

Penjelasan :
Baris 1 dan 2 adalah pemanggilan library pada c++, ini wajib ya..
Baris 4 adalah tanda mulainya kelas utama dari program
Baris 6 adalah kode yang kita masukkan, kata "Hello World" bisa diganti sesuka kalian, dan "\n" adalah kode untuk ganti baris.

Sekian untuk tutorial kali ini, untuk selanjutnya, akan saya update bertahap, so stay tune on my blog, thank you ...








Posting Komentar untuk "Membuat HELLO WORLD pada BAHASA C++ menggunakan GEANY #1"