Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Program Membalik Nama Pada Bahasa C++ #12

 Program Membalik Kata atau Nama Pada C++


Bertemu Lagi Dengan Admin bahasaprogr.blogspot.com yang kali ini akan memberikan sedikit program dari bahasa C++, yaitu Program Membalik Nama. Oiya, kalian sebaiknya membaca materi sebelumnya ya agar tidak bingung saat membaca bab ini. Kalian bisa baca mulai dari bab Pengertian Statement Perulangan.

Menurut Admin, program ini sangatlah sederhana, apanya yang sederhana? logikanya maksud saya. Untuk awal-awal mungkin kalian akan sedikit bingung, bagaimana sih membalik nama? tapi membalik nama atau kata disini bukan berarti hurufnya diputar 180 derajat ya, tetapi direpresentasikan dari belakang ke depan. Oke Langsung saja Simak Program berikut ini :

 
#include
using namespace std;
void baliknama();
int main()
{
    baliknama();
}
void baliknama ()
{int i,j, count;
  char nama[30];
  cout << "program membalik nama";
  cout << "\n\nMasukkan nama Anda = "; cin.ignore (); cin.getline(nama,sizeof(nama));
  cout << endl;
 
  for (i=0; i<=nama[i];i++)
  {
  count = i+1;
  }
  cout << "Nama terbalik anda = ";
  for (j=count; j>=0;j--)
  {
  cout << nama[j];
  }
  cout < }
Output program :






Penjelasan :
Pada program ini sedikit saya gunakan contoh penggunaan fungsi, yaitu penggunaan VOID. jika kalian masih bingung tentang fungsi, silahkan baca postingan Fungsi Dan Prosedur . Juga memanfaatkan Perulangan FOR serta menggunakan array (akan dibahas pada bab selanjutnya). Pada hakikatnya, pada program ini kita menyimpan nama menggunakan Array, dimana array menggunakan metode penomoran index untuk setiap data yang disimpan, index dimulai dari 0. Normalnya, ketika nama tersebut dipanggil, maka index akan keluar urut dari 0,tetapi dengan menggunakan perulangan, maka kita bisa memanggil data dari index paling terakhir sehingga kita bisa membalik kata atau nama tersebut. Lalu bagaimana kita mengetahui index paling terakhir sedangkan kata atau nama yang diinput jumlahnya tidak pasti, maka kita perlu sebuah variabel bantuan untuk menyimpan nomor index paling terakhir tersebut.

Baca Juga : Fungsi Dan Prosedur Pada C++

Pada program ini, variabel bantuannya adalah "j", pada perulangan pertama, kita melakukan perhitungan untuk menentukan nomor index paling terakhir, maka perulangan diisi dengan kondisi (for (i=0, i<=nama(i),i++) then j++). Artinya, ketika data pada array "nama" pada indeks pertama (indeks ke 0) dan pada indeks tersebut terdapat data, maka variabel 'j' nilainya bertambah 1. begitu seterusnya hingga data pada array "nama" kosong. Setelah mendapatkan indeks paling atas, maka kita tinggal melakukan perulangan menurun untuk menampilkan array 'nama". Seperti Pada Perulangan yang kedua pada program diatas.


Wah ternyata gampang banget bukan? Dalam pemrograman, logikalah otak utama dari segala cara permasalahan yang ada. Jadi, sering-sering koding ya agar kemampuan kalian terus bertambah. Terimakasih sudah berkunjung, jika menurut kalian artikel ini bermanfaat, tolong di share ya.



Posting Komentar untuk "Cara Membuat Program Membalik Nama Pada Bahasa C++ #12"