Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Segitiga atau Diamond pada C++ #10


Contoh Program Segitiga atau Diamond Pada C++

Kali ini bahasaprogr.blogspot.com akan memberikan contoh program pada C++ lagi, yaitu tentang bagaimana cara membuat segitia atau diamond pada c++. Kebanyakan programmer pemula (termasuk admin) biasanya kesulitan ketika memasuki bab perulangan, karena memang cukup rumit dan logika kita harus bisa menerima dan memikirkan berbagai kondisi untuk membuat sebuah perulangan yang sempurna.

Sebagai contoh disini admin akan membuat sebuah segitiga terlebih dahulu. Perhatikan Listing program berikut dan hasilnya :

 #include   using namespace std;    int main()  {  int i, j, k,n;           cout << "Program Diamond \n";      cout << "masukkan tinggi = "; cin >> n; cout<

}

Outputnya :

Ouput Program Segitiga

Dengan memasukkan tinggi 6, maka segitiga disini akan mempunyai 6 baris perulangan. Pasti jika kalian baru melihatnya sekilas, kok bisa sih? padahal sangat sederhana sekali cara membuatnya. sebenarnya disana terdapat 3 segitiga yang dijadikan satu, loh kok tiga? baik saya jelaskan, segitiga yang pertama adalah segitiga dengan output " " (spasi) yang letaknya terbalik, kemudian segitiga yang kedua dan ketiga adalah segitiga dengan output "*" (simbol bintang) yang dijadikan satu sehingga nampak seperti satu segitiga, jika masih bingung, berikut admin berikan ilustrasinya :

Ilustrasi Untuk Program Segitiga




Keterangan :
Segitiga biru       = Segitiga pertama (segitiga dengan output spasi)
Segitiga Kuning  = Segitiga kedua (segitiga dengan output simbol bintang)
Segitiga Merah   = Segitiga ketiga (segitiga dengan output simbol bintang)

Secara garis besar logikanya seperti itu. Pada program, terdapat 1 perulangan utama, dan tiga sub-perulagan. Perulangan utama ini berfungsi untuk mengulang sub-perulangan sebanyak tinggi yag diinputkan. sedangaka tiga sub-perulangan berfungsi untuk menampilka segitiga tersebut. Bagaimana sudah mulai mengerti?

Lalu Bagaimana cara membuat Diamond?

Jika kalian sudah mengerti logika di atas, maka sangat mudah untuk membuat diamond, tinggal copy-paste saja program yang tadi dan kita tambahkan kode untuk membuat segitiga terbalik dibawahnya, Perhatikan Listing programnya berikut :

 
#include
using namespace std;
int main()
{
int i, j, k,n;
  
    cout << "Program Diamond \n";
    cout << "masukkan tinggi = "; cin >> n; cout<     for (i = 1; i <=n; i++)
    {
          for (j = 0; j <(n - i); j++)
                cout <<" ";
          for (j = 1; j <= i; j++)
                cout <<"*";
          for (k = 1; k < i; k++)
                cout <<"*";
        
          cout <<"\n";
    }
    for (i = n - 1; i >= 1; i--)
    {
          for (j = 0; j < (n - i); j++)
                cout <<" ";
          for (j = 1; j <= i; j++)
                cout <<"*";
          for (k = 1; k < i; k++)
                cout <<"*";
          cout <<"\n";
    }
    cout <<"\n";
}
Output Programnya :

Output Program Diamond
Penjelasan : 
Jika dilihat-lihat program diamond ini sangat mirip dengan program segitiga, namun perlu diperhatikan pada perulangan utama yang kedua, disini kita membuat perulangan mundur (menurun), sehingga kita dapat membuat segitiga terbalik dibawah segitiga pertama. Bagaimana sangat mudah bukan?

Mau buat banyak juga bisa seperti ini nih :
Program Diamond banyak

Atau dimodif jadi rumah juga bisa hehehe, seperti ini nih :

Program diamond di modif

bagaimana? mudah bukan? mau bikin bentuk aneh-aneh juga bisa, tergantung bagaimana cara kalian memainkan logikanya. Semoga apa yang admin tulis ini bermanfaat bagi kalian dan tugas-tugas kalian. Jika ini bermanfaat tolong share keteman anda, dan sebagai penutup saya ucapkan terimakasih telah berkunjung ke blog ini .

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Segitiga atau Diamond pada C++ #10"