Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Program Statement Perulangan (FOR , WHILE, DO-WHILE) pada C++ #9

Contoh Program Perulangan Pada C++


Kali ini onlyvista.blogspot.com akan mengupas tentang pemrograman C++ lagi (lagi sampai selesai hehe) mengenai contoh program perulangan (for, while, do-while) pada c++, namun sebelum masuk ke materi statement perulangan ini, kita harus mengetahui apa itu Statement Perulangan yang bisa kalian baca di post Pengertian Statement Perulangan. Kalau kemarin yang dibahas teorinya saja, maka belum lengkap kalau tidak ada contoh programnya, jadi langsug saja simak contoh-contoh program berikut :


1. Contoh Program Perulangan FOR

Kebanyakan orang lebih suka menggunakan perulangan ini karena bentuknya yang lebih simpel, namun dalam keadaan tertentu perulangan ini tidak dapat menyelesaikan masalah. Mungkin jika ada kasus yang tidak bisa atau bingung untuk kalian kerjakan, silahkan tanya ke admin saja ya. Perhatikan Kode program dibawah ini :
 #include  using namespace std;  void output();  int main() {     int a,b;     b=5;          for(a=1; a<=b; a++)     {         cout << a <<". Perulangan For";         if(a%2==0)         {             cout<<"   Programming Is Art";         }         cout <  
Output Program :


Output Program FOR

Penjelasan :
Alur Program ini adalah, program akan mengoutputkan kalimat "Perulangan For" sebanyak 5 kali, tetapi saat perulangan berada pada urutan genap, maka program akan mengoutputkan kalimat "Programming Is Art". Kasus tersebut sangatlah mudah, Perulangan sebanyak 5 kali. Pada Listing Kode di atas, untuk mendapatkan perulangan 5 kali, maka kita membuat " for (a=1; a<=b; a++)" , maka dengan itu perulangan akan berulang sebanyak 5 kali, untuk menampilkan kalimat yang kedua yang muncul pada urutan genap, maka kita memanfaatkan perintah IF , yaitu "if (a%2==0)".

2. Contoh Program Perulangan While

Untuk Perulangan while, kita akan menggunakan kasus yang sama seperti contoh sebelumnya, berikut listing programnya :

 #include  using namespace std;  void output();  int main() {     int a,b;     a=1;     b=5;          while(a<=b)     {         cout << a <<". Perulangan while";         if(a%2==0)         {             cout<<"   Programming Is Art";         }         cout <
Output Program :

Output Program WHILE

Penjelasan :
Antara Listing Program perulangan while dengan perulangan for sangat mirip bukan? hanya berbeda letak kondisi dan aksinya saja. Pada Perulangan while, kondisi berada di awal yaitu pada "while (a<=b)" dan aksi untuk perulangan berada di akhir yaitu pada "a++".

Baca Juga : Cara Install Geany Dan Mengatasi Error


3. Contoh Program Perulangan DO-WHILE

Masih Menggunakan Kasus sebelumnya, langsung saja berikut Listing Programnya :

 #include  using namespace std;  void output();  int main() {     int a,b;     a=1;     b=5;          do     {         cout << a <<". Perulangan do-while";         if(a%2==0)         {             cout<<"   Programming Is Art";         }         cout <
Output Program :

Output Program DO-WHILE

Penjelasan :
Untuk Perulangan yang ini, perbedaannya adalah Statement dikerjakan terlebih dahulu , kemudian aksi, dan yang terakhir adalah pengecekan kondisi.


Itulah tadi contoh sederhana dari Statement Perulangan. Jika ada pertanyaan atau mungkin ada kesalahan dalam penulisan bisa langsung disampaikan ke admin. Semoga Bermanfaat.



Posting Komentar untuk "Contoh Program Statement Perulangan (FOR , WHILE, DO-WHILE) pada C++ #9"