Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Array Dan String Pada Bahasa Pemrograman C++

Pengertian Array Dan Juga Penggunaan String Pada Bahasa C++


Jumpa lagi di bahasaprogr.blogspot.com.Kali ini admin akan membahas tentang Array dan penggunaan String pada Bahasa C++. Array ini merupakan materi terakhir yang admin dapatkan di semester satu, dan menurut admin , materi-materi pada semester satu ini berisi dasar atau konsep yang nantinya akan sangat digunakan pada materi-materi selanjutnya. Sebelumnya, admin berikan pengertian dulu mengenai string, sebenarnya tidak ada yang namanya String pada Bahasa C++, hal itu merupakan kelemahan dari bahasa pemrograman C++ yang mana penggunaan string sangat fatal untuk berbagai kasus program, tetapi kita bisa mengakali itu dengan yang namanya Array. Untuk pembahasan selanjutnya, perhatikan dan pahami dasar teori tentang array di bawah ini.

Pengertian Array

Array adalah sekumpulan variabel yang memiliki tipe data yang sama dan dinyatakan dengan nama yang sama. Array merupakan konsep yang penting dalam pemrograman, karena array memungkinkan untuk menyimpan data maupun referensi objek dalam jumlah banyak dan terindeks. Dilihat dari dimensinya, array dibagi menjadi array dimensi satu, array dimensi dua dan array multi-dimensi.

Jenis - Jenis Array

1. Array Satu Dimensi

Merupakan Array yang terdiri dari 'X' buah baris atau 'Y' buah kolom. Contoh array berdimensi satu, misalnya menginputkan 5 buah data temperatur. Dan kelima data tersebut disimpan pada array bernama suhu. Bentuk umum array dimensi satu adalah : tipe_data nama_array[jumlah_element]; .
Berikut contoh program nya :

 #include 
using namespace std;


int main()
{
    int suhu[5];
    cout << "masukkan Suhunya\n";
    for(int i=0; i<5; i++)
    {
        cout << "suhu ke " << i+1 << " = "; cin >> suhu[i];
    }
   
    cout << "\n\n";
    cout << "Hasilnya\n";
    for(int i=0; i<5; i++)
    {
        cout << "suhu ke " << i+1 << " = " << suhu[i] << endl;
    }
}

Output Program :


Program Array 1 Dimensi


2. Array Dua Dimensi

Array dua dimensi merupakan array yang terdiri dari 'X' buah baris dan 'Y' buah kolom. Bentuknya dapat berupa matriks atau tabel. Bentuk umumnya : tipe_data nama_array[baris][kolom];.
Contoh : int x[2][3]. Artinya variabel tersebut adalah array dimensi dua dengan nama matrik yang mempunyai 2 elemen baris dan 3 elemen kolom.

Sumber Gambar : Google

3. Array Multi-Dimensi

Array multidimensi merupakan array yang mempunyai ukuran lebih dari dua. Bentuk pendeklarasian array multidimensi sama saja dengan deklarasi array dimensi satu maupun dimensi dua.Deklarasi array : Tipe_array nama_array [ukuran 1][ukuran 2] . . . [ukuran N]. Untuk Contoh penggunaannya, akan diberikan pada postingan selanjutnya.

Baca Juga : Cara Membuat Program membalik kata atau nama


4. Array Char (String)

Array char adalah sebuah array yang terdiri dari rangkaian karakter saja dan sering disebut dengan string. Didalam c++ string adalah array dari char yang berakhir dengan null character. Kita dapat mendeklarasikan dan menginisialisasikan string dengan cara yang sama seperti mendeklarasikan array yang lain. Bentuk umunya : char nama_array[jml_element].

Berikut Contoh Programnya :

 #include 
using namespace std;


int main()
{
    char nama[20];
   
    cout << "Masukkan nama = "; cin >> nama;
    cout << endl;
    cout << "nama saya adalah " << nama << endl;
}

Output Program :

Program Array Char

Itulah tadi seputar Pengertian Array Dan String Pada C++, Jika menurut kalian artikel ini bermanfaat , jangan lupa share dan tinggalkan komen kalian ya.





Posting Komentar untuk "Pengertian Array Dan String Pada Bahasa Pemrograman C++"