Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Statement Perulangan Pada C++ #8

PENGERTIAN STATEMENT PERULANGAN ATAU LOOPING PADA C++

 




Kali ini onlyvista.blogspot.com akan mengupas tentang pemrograman C++ lagi mengenai statement pengendalian, namun sebelum masuk ke materi statement pengendalian, kita harus mengetahui apa itu Statement Pengendalian yang bisa kalian baca di post Pengertian Statement Pengendalian. Secara sederhana, perulangan adalah suatu keadaan yang diulang beberapa kalia atau bahkan dilakukan terus menerus dengan suatu kondisi tertentu. Pada post ini admin akan membahas teori nya saja, untuk contoh program akan disajikan di post selanjutnya.

Pengertian Statement Perulangan (Looping)

Perulangan atau looping pada C++ adalah suatu kegiatan mengulangi suatu statement dan akan berhenti sampai statement tersebut memenuhi kondisi sesuai dengan syarat yang sudah ditentukan didalam program yang dibuat. Biasanya bila dalam perulangan tersebut tidak disertakan batasnya maka program akan error, hal itu disebabkan karena proses itu akan berulang terus menerus  sampai tak terhingga. Perulangan atau looping pada C++ memiliki beberapa macam bentuk umumnya yaitu :

1. Pengertian Perulangan FOR

Perulangan dengan for yaitu suatu proses mengulang yang telah diketahui jumlahnya. Fungsi ini mengkombinasikan tiga langkah ke dalam satu statement. Ketiga langkah tersebut adalah inisialisasi (awalan), pengujian kondisi dan aksi yang dilakukan yang dapat berupa penambahan atau pengurangan suatu variabel. Bentuk dasarnya adalah sebagai berikut :

for (inisialisasi , kondisi , aksi)  {   statement-1;   statement-2;   statement-n;  }


Penjelasan :
inisiliasiasi adalah langkah awal yang dilakukan pada perulangan, biasanya diisi dengan deklarasi suatu variabel misal : "int n = 0;". Kondisi atau bisa disebut pengujian adalah Statement yang berfungsi menghentikan perulangan, Misal = "n<5;". Aksi adalah langkah terakhir yang dilakukan perulangan, bagian ini tidak harus diisi tetapi bisa dimasukkan ke dalam Statement yang ada didalam kurung perulangan. Alur perulangan for dimulai dari inisialisasi => mengecek kondisi, jika kondisi tidak sesuai maka perulangan berhenti, namun jika kondisi sesuai maka lanjut = > melakukan statement perulangan => aksi.


2. Perulangan WHILE

Perulangan While adalah proses perulangan yang belum diketahui jumlahnya. Pengecekan kondisi dilakukan terlebih dahulu. Jika kondisi masih bernilai benar, maka perulangan akan terus berlanjut. Bentuk dasarnya adalah :

 
while (kondisi)
{
statement-1;
statement-n;
}

Penjelasan :
Perulangan ini berbeda dengan perulangan for , dengan pengecekan di awal, maka pada bagian statement harus mempunyai setidaknya satu buah variabel untuk menghentikan perulangan tersebut, jika tidak maka program akan error atau overlooping, contoh : kondisi : "n<5;" , maka pada statement harus ada aksi "n++" atau "++n;" agar nilai n tidak memenuhi syarat dan perulangan pun berhenti.

3. Pengertian Perulangan DO-WHILE

Perulangan Do-While adalah proses perulangan yang belum diketahui jumlahnya. Instruksi atau Statement akan dijalankan terlebih dahulu, kemudian baru dilakukan pengecekan kondisi yang apabila masih bernilai benar maka perulangan akan terus berlanjut begitu juga sebaliknya. Bentuk dasarmya adalah :

 
do{
 Statement-1;
 Statement-n;
}
while(kondisi)
Penjelasan :
Alur Perulangan DO-WHILE yaitu program menjalankan statement terlebih dahulu baru kemudian dicek pada kondisinya, apakah bernilai benar atau salah. Untuk menghentikan perulangan ini sama dengan perulangan sebelumnya, yaitu menambahkan suatu variabel yang berubah-ubah pada bagian Statement-nya.

4. Pengertian Perulangan Bertingkat (bisa dibilang bersarang atau Nested Loop)

Perulangan bertingkat atau bersarang (Nested Loop) berarti bahwa ada perulangan lain didalam suatu perulangan. Dengan kata lain ada perulangan di dalam perulangan. Berikut Bentuk Dasar :

 perulangan 1  {  perulangan 2  }    
Contoh :
   for()  {for()    {statement}   statement  }

Itulah beberapa bagian dari Statement Perulangan dalam bahasa pemrograman C++, Semoga apa yang admin tulis ini bermanfat. Jika ada salah dalam penulisan ataupun pengertian mengenai apa yang admin tulis ini, bisa menghubungi admin melalui facebook, email ataupun langsung berkomentar di post ini. terimakasih.



Posting Komentar untuk "Pengertian Statement Perulangan Pada C++ #8"