Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Program Record atau Struct pada Bahasa C++

Contoh Program Menggunakan Fungsi Struct atau Record pada Bahasa C++

Kali ini Admin bahasaprogr.blogspot.com  akan memberikan contoh program bahasa C++ lagi, yaitu Bab Record atau Struct. Oiya, kalian sebaiknya membaca materi tentang Pengertian dan Contoh Penggunaan Record atau Struct

Sedikit cerita, program yang akan admin berikan ini merupakan program buatan admin sendiri yang dulu admin buat untuk tugas laporan mingguan praktikum Algoritma, jadi ini dijamin keasliannya ya. Baik, langsung saja masuk ke materi.

Kasus untuk Bab Struct atau Record.

Sebuah program tidak akan dibuat jika tidak ada kasus atau permasalahan tertentu, namun dalam konteks ini adalah "tugas". perhatikan kasus berikut :

Buatlah Program dengan Record atau Struct yang cara kerjanya adalah berbasis input, dimana input ini akan ditujukan untuk pendataan Dosen. Pada awal , program akan menanyakan jumlah dosen yang akan didata, setelah jumlah dosen diinput, maka akan muncul proses input nama dosen, NPY dosen, dan jumlah mengampu. Misal : jika jumlah dosen yang diinputkan adalah 3, maka program akan meminta user untuk meng-input Nama dosen, NPY dosen dan jumlah mengampu sebanyak 3 kali juga.

Saat memasukkan "jumlah mengampu", maka akan keluar menu inputan lagi yang berisi :
Nama_Assisteen ke 'x' =
Nim_Assisten ke 'x' =
IP_SMT 1 =
IP_SMT 2 =
IP_SMT 3 =
Upah/jam =
jumlah jam =

Ketika  "jumlah mengampu" yang diinput adalah 3, maka program akan mengulang pengisian data diatas sebanyak 3 kali juga. Jika proses input selesai, tampilkan semua data ang diinput berupa :
Nama Dosen
Nama assisten       Nim Assisten    IP rata-rata  Gaji
IP tertinggi (untuk assisten yang diampu oleh dosen bagian ini, bukan keseluruhan)
IP terendah (untuk assisten yang diampu oleh dosen bagian ini, bukan keseluruhan)

Analisa Program

Berdasarkan Kasus di atas, maka program ini berbasis perulangan dan menggunakan fungsi Record atau Struct. Berikut struktur kasarnya :
bagian 1 = Perulangan untuk dosen
bagian 2 = Perulangan untuk Jumlah mengampu.
bagian 3 = Menampilkan Data yang sudah diinput.

Pembuatan Program


 #include  using namespace std;  int main() {     typedef struct {    char namaas[20];     int nimas;     float ip1, ip2, ip3, upah, jam, ip,gaji;} data1;      typedef struct {     char namados[20];     int npy;     float ipmax, ipmin;     data1 yes[20]; }komplit; komplit ok[20];  int y,z,x,a;  //bagian 1  cout << "Masukkan jumlah dosen = "; cin >> y; for (z=0; zPengertian Fungsi dan Prosedur Pada Bahasa C++ 

 

Output Program

Output Program Record atau Struct

Baiklah, itu tadi contoh penggunaan program Record atau Struct dengan menggunaka bahasa c++. Jika ada pertanyaan, bisa kalian tanyakan dikomentar atau langsung hubungi admin.

Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat jangan lupa share dan tinggalkan komentar kalian..




Posting Komentar untuk "Contoh Program Record atau Struct pada Bahasa C++"